Senang-senang sedih menjadi Fans JKT48

Saya sudah mengunjungi beberapa forum yang membicarakan mengenai keluarga 48 dan mengamati timeline twitt*r dari kata kunci jkt48. Ada hal menarik yang saya dapatkan bahwa menjadi Fans dari keluarga 48 (AKB48, SKE48, NMB48, HKT48, dan JKT48) terutama Fans JKT48 adalah senang-senang sedih. Mengapa saya berkata demikian?

1. Fans JKT48 berhadapan dengan aliran kpop (international) dan aliran Indonesian pop (dalam negeri). Mereka layaknya dihimpit dan ditekan dari berbagai arah. Tidak heran pada suatu kesempatan mereka menjadi emosional karena tekanan yang datang bertubi-tubi.

2. Fans JKT48 yang tradisional  atau fans yang saya sebut baru mengenal JKT48 dan mendukung karena kesukaan seperti layaknya masyarakat Indonesia yang menyukai sesuatu group secara tidak sengaja mendapat pemisahan juga dari Fans keluarga 48 atau yang menyukai AKB48 sejak dulu. Fans AKB48 itu sangat idealis mengenai konsep idol group ini sehingga kadang ada sesuatu yang masih diterima oleh Fans JKT48 tetapi sulit diterima oleh Fans AKB48 seperti misalnya rumor tentang pelanggaran Golden rules atau tentang performa para member. Situasi ini kadang menimbulkan ketidaknyamanan mengingat masing-masing mempunyai oshinya sendiri. Dan ini juga berpengaruh pada gaya mendukung masing-masing fans yang kadang-kadang dianggap tidak klop satu dengan yang lain.

3. Antar Fans JKT48 pun kadang ada friksi yang sebenarnya tidak jelas apa yang diinginkan.

4. Secara tidak sengaja pula ada semacam pemisahan gender. Fans JKT48 kalau terlihat secara umum tentunya terlihat mayoritas fans nya adalah laki-laki. Mengapa banyak laki-laki? tentunya karena lawan jenis..tetapi yang saya tekankan pertanyaan ini belum dapat dijawab sepenuhnya karena Fans JKT48 yang perempuan sebenarnya banyak namun eksistensinya bukan melalui yang selama ini dilihat oleh umum. Lucunya..sekali lagi lucunya..banyak sekali orang mempertanyakan kenapa laki-laki mengidolakan lawan jenisnya dan orang menganggap itu terlihat aneh tetapi ketika perempuan mengidolakan lawan jenisnya hal itu dianggap biasa? Dan lebih lucu lagi hal ini untuk beberapa orang dijadikan sentimen untuk berlawanan.

5. Konsep Idol Group yang diusung oleh JKT48 yang belum pernah ada sebelumnya tidak dimengerti oleh sebagian besar orang Indonesia. Fans JKT48 ataupun dari keluarga 48 sudah jatuh bangun dalam menerangkan konsep ini. Dari apa itu pengertian idol group, mengapa pada pertunjukan di panggung umum harus lipsync (padahal pertunjukan off air dan teater sering tidak lipsync), sampai hal-hal lainnya yang tidak perlu dijelaskan. Menerangkan kepada yang tidak mengerti  karena udah sentimen terlebih dahulu itu lebih menguras air mata ketimbang keringat.

Ya..demikianlah Fans JKT48..walaupun berbeda-beda pemikiran tetapi saya kira JKT48 tetap bangga atas hasil dukungan dan jerih payah mereka. Dan tentunya Fans JKT48 pun bangga atas apresiasi mereka dengan segala kesedihan/kesusahan dan kesenangan yang mereka lalui.

Dan saya juga menyarankan seperti tulisan saya sebelumnya bahwa diyakini atau tidak Fans JKT48 mempunyai tugas yang berat mengingat JKT48 ada berada di keluarga 48. Good luck Fans JKT48.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s