Sikap dan Mental

Judulnya sepertinya menyeramkan tetapi sebenarnya adalah sesuatu yang harus dibangun oleh sistem JKT48 terutama member dan fans. Tetapi saya akan membahasnya dari sisi fans karena saya berada di area fans. Beberapa catatan:

1. Fans diharapkan menghargai member ketika diluar jam performance dia sebagai member JKT48. Jam performance mereka hanya ada pada theater dan show mereka. Menunggui mereka bukan sikap yang baik apalagi sampai harus meminta berinteraksi. Ingat pekerjaan mereka itu olah tenaga dan olah konsentrasi terbayang kan berapa energi yang harus dikeluarkan.

2. Perlakukan idola di keluarga 48 berbeda dengan idola lainnya di Indonesia. Fans tidak sembarangan untuk meminta foto bersama dan meminta tanda tangan karena memang sudah diatur waktunya dengan berbagai persyaratan tertentu. Kenapa demikian? karena mereka menghargai semua fansnya. Ketika ada yang meminta foto dan kemudian foto itu dipampangkan atau diperlihatkan kepada khalayak ramai maka tentu saja ada rasa kecemburuan bagi fans lainnya. Kita sering menganggap kondisi kecemburuan menjadikan kita sebagai pemenang karena bisa dan sukses untuk bersama karena usaha kita dan keberuntungan kita. Hahaha..itu bukan sesuatu yang membanggakan. Kondisi itu sebenarnya membuat kita disiplin untuk menghargai mereka dan mengganggap semua fans sama dalam mendukung idola mereka. Dan ingat..bukan fans yang terkena imbasnya tetapi member sering terkena masalah karena hal ini.

3. Dengan segala hal yang saya bicarakan pada poin 1 dan 2 kemudian ada yang beranggapan bahwa member saja tidak masalah kenapa harus dilarang-larang segala? Sekali lagi saya katakan bahwa marilah kita membangun sikap mental untuk mengghargai kedudukan fans dan melatih kita untuk disiplin. Disiplin ini sebenarnya agar kedepannya semua show atau penampilan diharapkan berjalan tertib dan efeknya berguna juga bagi pribadi masing-masing di kesempatan atau aktivitas yang lain.

Mengidolakan itu selain membentuk disiplin tetapi membuat kita lebih pintar dalam mengatur jadwal dan sumber daya kita. Off course.. if you know what i mean.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s