Graduate dan esensi Comrade dalam sebuah idol group

Comrade pengertiannya secara sederhana adalah teman seperjuangan.

Sudah dikenal bahwa idol group di keluarga 48 mempunyai cara kerja disiplin dan ketat dan cenderung “keras”. Persaingan antara individu pun bermunculan. Tetapi semua itu tidak ada artinya apabila mereka tidak bekerjasama bahkan dapat dikatan untuk sama-sama menderita dan berjuang.

Oleh karena itu ketika ada member yang menyatakan mengundurkan diri ‘tanpa adanya sesuatu yang dilanggar’ maka di keluarga idol group 48 sudah dipersiapkan show terakhir sebagai upacara kelulusan. Menurut pendapata saya hal ini dimaksudkan untuk memberikan jalan dan menghoramati keputusan serta usaha selama ini. Walaupun tidak mengikat maka sebaiknya member yang akan dinyatakan lulus menghadiri show terkahir atau show kelulusan tersebut.

Yang menyesakkan adalah ketika member benar-benar tidak mau mengikuti show kelulusan tersebut. Dan sekali lagi walaupun tidak mengikat tetapi ada hal penting dalam acara tersebut.

Saya memberikan pendapat demikian:

Mereka yang bersama berkumpul terutama setelah dalam hitungan bulan tentunya mengalami kebersamaan dalam latihan dan jadwal yang padat dan ketat. Seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa grup keluarga 48 ini termasuk JKT48 tentunya mengutamakan kerja tim. Setelah demikian usaha yang keras apakah tidak ada keterikatan di antara mereka? Tentu saja terbentuk pertemanan dan persahabatan dalam visi yang sama. KECUALI ada beberapa yang merasa kerja tim tidak memihak dirinya. Oleh karena itu menurut saya show terakhir itu bukan untuk menyenangkan fans atau tuntutan staff pekerja tetapi lebih kepada penghormatan pada usaha tim..penghormatan kepada comrades..penghormatan kepada perjuangan yang masih dilanjutkan..

Kerja TIM dengan segala kebijakan dan mekanismenya adalah hanya dan pantas dimiliki oleh pihak manajemen saja. Ex member mengeluh? Fans ikut-ikutan? Sampai-sampai menjadi corong pihak keluarga member yang menolak kerja tim? .. ah sudahlah

Ingat film The Last Samurai? bahkan pihak yang berlawanan memberikan penghormatan akan perluangan lawannya..

SEMANGAT JKT48 .. this is your one of your lot of fights

profesionalitas utama bukan pada apa yang pantas anda dapatkan tetapi kepada yang telah berkorban dan menerima kerja tim..karena tim adalah anda sendiri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s