Pendekatan Humanis melalui Persahabatan, Budaya dan Pariwisata

Dalam berbagai kesempatan petinggi AKB48 Jepang ataupun yang dikemukakan oleh para member AKB48 bahwa dasar pembentukan JKT48 adalah persahabatan dan jembatan antara 2 Negara. Kenapa saya sering menggaris bawahi hal ini karena saya rasa hal inilah yang bagi saya merupakan pendekatan humanis yang harus dibentuk. Karena bagi saya dunia dengan segala problematikanya harus kembali ke dasar persahabatan tersebut. Tidak menampik adanya hubungan bisnis atau kepentingan ekonomi, saya juga sering mendorong bahwa keuntungan haruslah berada di dua pihak, oleh karena itu salah satu titik poinnya adalah pengenalan budaya di Indonesia melalui pariwisata. Adalah sesuatu keuntungan jika para wisatawan sudah berniat untuk datang, oleh karena itu kita harus bisa memaksimalkannya.

Ada hal yang menarik semenjak JKT48 muncul dan hadir di tengah masayarakat Jepang dan Indonesia. Dalam statistik yang dikeluarkan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia dalam situsnya http://www.budpar.go.id/ terlihat ada peningkatan wisatawan Jepang dari 2 tahun periode yang tercatat.

Tabel Kunjungan Wisatawan Jepang 2012
januari2012

februari2012

Maret2012

April2012

desember

Tabel Kunjungan Wisatawan Jepang 2013

Januari

februari

maret

april 2013

Terlihat dalam periode dimana munculnya JKT48 terdapat peningkatan wisatawan Jepang yang cukup signifikan. Pertumbuhan wisatawan Jepang yang dari posisi negatif bulan Januari dan Februari di tahun 2012 menjadi naik tahun berikutnya di periode yang sama. Dari bulan yang negatif tersebut di tahun yang sama menjadi positif ketika JKT48 sudah dikenal pada bulan Januari dan Februari 2012. Memang perlu penelitian lebuh lanjut mengenai dampak JKT48 terhadap jumlah kunjungan turis asing terutama wisatawan Jepang. Dan tentu saja faktor Indonesia yang kondusif atas peran semua pihak menjadi faktor utama. Tetapi saya yakin terhadap kontribusi JKT48 terhadap statistik tersebut, mengapa?
-Dalam beberapa kesempatan JKT48 menjadi ikon travel perjalanan ke berbagai tempat di Indonesia baik di media cetak dan media elektronik lainnya.
-Partisipasi JKT48 di event besar AKB48 di Jepang yang bahkan dapat disaksikan oleh penonton Internasional.
-Endorse dari Kedubes Indonesia di Jepang melalui berita http://kbritokyo.jp/diplomasi-budaya-generasi-muda-di-jepang-jkt48-dan-taruna-akpol-ri/?lang=en
-Artikel tempat kunjungan wisata: http://www.tripadvisor.co.id/Attraction_Review-g294229-d3634567-Reviews-JKT48_Theater-Jakarta_Java.html

Sekarang JKT48 telah membuka jalan..bagaimana dengan kita? sudah siapkah kita menunjukkan sikap bersahabat menerima tamu dari manca negara? sudah siapkah kita menyajikan budaya Indonesia dan memperkenalkan kepada wisatawan manca negara? Kita Bisa!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s