Fans dan Fans Sepuh di Fandom JKT48

Ada yang berbeda dengan fans group musik lain kalau kita mencermati Fandom JKT48. Dalam Fandom JKT48 muncul dengan Fans sesepuh/Fans sepuh (skyman/manusia langit bahasa nyelenehnya) atau dalam bahasa saya adalah Fans yang dimintai pendapat atau sebagai tempat referensi tentunya mengenai idol 48 group. Fans sepuh ini adalah Fans yang terlebih dahulu menggemari AKB48 atau sister group dari JKT48 bahkan sudah menginjakkan kakinya di theater AKB48 beberapa kali dan mengikuti beberapa kegiatan AKB48. Fans sepuh yang mendukung JKT48 seringkali dimintai pendapat mengenai kegiatan dan sepak terjang member dan manajemen JKT48 dalam hal ini JOT.

Yang menjadi pertanyaan adalah apakah Fans sepuh ini mendominasi gaya Fandom JKT48? Apakah mereka menjadi sombong dan merasa dituakan? Jawabannya secara umum tidak.

Ada banyak keuntungan mempunyai Fans seperti demikian. Mendapatkan referensi yang baik adalah sisi positif dari adanya Fans sepuh tersebut. Anda tidak dapat mengandalkan pengamat musik atau pengamat apapun yang ada pada saat ini karena memang konsep JKT48 sebelumnya tidak dikenal dengan baik di negara ini. Kebanyakan orang lebih memahami group boyband atau girlband dari musik barat atau korea dan malahan ada juga yang tidak sepenuhnya paham karena pandangan mereka lebih ke musik secara umum. Nah disinilah manfaat dari fans sepuh tersebut. Salah satunya memberikan ide dan pemikiran yang lebih luwes kepada Fans dalam menghadapi pertanyaan seputar JKT48. Bahkan dalam tingkatan tertentu memberikan kepercayaan diri untuk memberikan nuansa baru dengan rasa lokal dalam mendukung JKT48.

Bukti lain dari nuansa baru kemandirian tersebut adalah banyaknya bermunculan sub kumpulan dari Fans Regional atau kumpulan Fans yang tidak mewakili daerah tetapi bersama-sama berkumpul dengan cita rasa yang berbeda contohnya adalah @Wotacasual dari Bandung, ada @officialUMN48 di Jakarta, ada juga @TimHuruHara di Bandung, ada @TimPapaJahatJGJ dari Yogya, bahkan ada juga Hooligan48 di beberapa daerah dan masih banyak lagi yang memberikan ciri khas dalam nge-Fans JKT48. Adakah perbedaan dari mereka? Ada dan lebih kepada bagaimana mereka menunjukkan sisi kreativitas mereka dalam mendukung JKT48.

Jadikanlah anda menjadi tempat referensi yang baik dengan ilmu yang mumpuni mengenai apa saja yang dapat memberikan kebahagiaan bagi banyak orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s