Salut buat Fans JKT48 di Daerah

Mendatangkan JKT48 ke berbagai daerah adalah harapan dari Fans JKT48. Jangankan Fans, para member pun sangat bersemangat untuk mendatangi Fans-nya yang tentunya mempunyai karakter yang berbeda dengan daerah-daerah lainnya. Hanya saja harapan itu untuk saat ini sedikit agak jauh untuk tercapai. Untuk Kota besar atau ibukota propinsi di beberapa propinsi pun JKT48 datang dengan kondisi yang serba minimalis bagi JKT48 dan konser itu sendiri.

Kenapa bisa demikian? Karena JKT48 adalah group yang masih baru dan mempunyai biaya akomodasi yang cukup tinggi terkait dengan jumlah penampil (dalam hal ini adalah 16 member) dan jumlah personel yang didatangkan serta propertinya. Bandingkan dengan group band atau group lainnya yang beranggotakan sedikit apalagi dibandingkan dengan penyanyi solo.

Bagaimana dengan mengkompensasikannya dengan harga tiket? Jawabannya sudah pasti tidak bisa. Harga tiket yang dipatok terlampau tinggi akan mengurangi minat sekalipun sangat ngefans. Harga tiket yang selama ini dengan harga cukup tinggi terjadi di Kota besar tidak membuat konser itu dipenuhi tetapi cukup pas-pasan baik untuk JKT48 dan pihak penyelenggara.

Saya menuliskan ini dengan memahami bahwa segementasi Fans JKT48 adalah remaja dan dewasa awal. Dan bukan berarti fans ada sedikit tetapi saya yakin banyak. Oleh sebab itu kondisi yang demikian adanya membuat saya memberikan penilaian memahami dengan karakteristik fans seperti demikian.

Kenapa saya salut? Karena walaupun dengan keadaan demikian dan dibarengi ke-PHP-an dari pihak penyelenggara, fans dari daerah tetap semangat mendukung JKT48. Lebih salut lagi banyak dari fans daerah tersebut memberanikan diri untuk menonton konser yang diselenggarakan di ibukota propinsi mereka. Di Bandung yang saya mengalami sendiri melihat banyak Fans dari daerah seperti Garut, Tasik, dan Sukabumi serta daerah lainnya datang khusus ke kota Bandung untuk menyaksikan idolanya. Di Makassar juga demikian, banyak dari daerah Sulawesi Selatan datang ke Makassar. Begitu juga kota-kota lainnya. Bahkan Handshake Festival kemaren banyak dari orang luar daerah datang.

Walaupun ini adalah penilaian saya sebagai bentuk opini dan yang mengetahui secara pasti adalah pihak manajemen JKT48 dan pihak penyelenggara namun sebagai fans tentunya bisa memberikan penilian seperti apa sih hitung-hitungan apabila konser tersebut diadakan suatu kota.

Dengan capaian JKT48 di usianya yang masih muda boleh terbilang cukup sukses dapat menyelenggarakan beberapa konser tunggal di beberapa kota. Dan itu semua berkat dukungan fans. Fans yang sering dihina dan dilecehkan karena konsep yang kurang dipahami oleh masyarakat banyak. Fans yang dianggap aneh. Fans yang dipertanyakan. Tetapi terbukti tidak patah arang. Kalau boleh kita melihat bahwa satu per satu mitos tentang JKT48 terbantahkan. Salah satunya adalah kalau Fans JKT48 kebanyak pria muda. Di festival handshake kemarin saya melihat itu sudah tidak relevan. Banyak kaum perempuan datang, banyak pasangan suami istri datang, banyak anak-anak dan orang tua datang. Walaupun masih dalam jumlah yang belum banyak tetapi sudah muncul dan sangat berarti. Mari kita berdoa bahwa segmen Fans JKT48 akan berkembang sehingga kesempatan JKT48 menyapa datang ke daerah-daerah akan terwujud.

Ada cerita yang menggugah hati:

walaupun cerita itu bisa menitikkan air mata dan memperlihatkan perjuangan atau pengorbanan tetapi pahamilah agar siapapun fans luar kota atau luar daerah yang hendak berkunjung ke event dimana JKT48 akan tampil untuk lebih mengutamakan kesiapan baik fisik, mental dan materi. Mohon sekali lagi dipertimbangkan.

credit: buat pemilik G+ tersebut

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s