JKT48 dan kontribusi ekonomi sosial

JKT48 saya kira adalah satu-satunya grup yang sangat aktif mengadakan acara atau event yang melibatkan partisipasi banyak orang. Baik itu melalui konser atau event seperti Handshake Festival (HS) dan kegiatan lainnya ditambah bahwa mereka selalu menghasilan produk musik (single dan DVD termasuk MV beberapa kali dalam setahun) atau merchandise dengan brand mereka ditambah lagi peningkatan volume penjualan dari produk yang mereka wakilkan sebagai Brand Ambassador/Bintang Iklan.

Selain sebelumnya pernah dibahas dalam kegiatan sosial, maka kegiatan JKT48 melalui acara atau event tersebut memberikan kontribusi positif karena menghimpun banyak orang sebagai freelance atau pekerja lepas. Setiap mereka mengeluarkan sesuatu maka ada produksi yang melibatkan banyak orang atau sumber daya. Uang Fans yang terkumpul memberikan kontribusi perputaran uang serta kesempatan bagi yang lain. Dan kesemua itulah menurut saya mengapa JKT48 mempunyai kontribusi cukup besar dalam ekonomi sosial terutama ketika saat ini ada penurunan kondisi ekonomi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s